Sprite Enemy yaitu Musuh yang akan di tembak dan Sprite Game Manager yang bertugas untuk membuat duplikat dari Sprite Enemy setiap interval waktu 1 detik.
Script untuk Game Manager:
Script untuk Sprite Enemy:
Hal yang sama seperti di atas dapat dilakukan di Unity dengan script sebagai berikut.
Script Untuk Game Manager:
Script untuk Sprite Enemy:
Selain script Unity di atas kita juga harus melakukan hal-hal berikut di Unity.
- Membuat Game Manager dengan menggunakan menu Create Empty.
- Membuat Prefab Enemy yang akan dihubungkan dengan variabel Enemy Prefab di script Game Manager.
- Menambahkan komponen Rigidbody 2D pada Sprite Bola dan Sprite Enemy dan mengisi parameter gravitasi dengan angka 0 sehingga Sprite tidak jatuh kebawah ditarik oleh gravitasi. Komponen ini berfungsi untuk memberi efek masa (berat) pada Sprite Enemy dan Sprite Bola yang dperlukan untuk mendeteksi tabrakan antara keduanya.
- Menambahkan komponen Box Collider 2D pada Sprite Bola dan Sprite Enemy. Komponen ini berfungsi untuk memberikan batas (boundary) Sprite yang digunakan untuk mendeteksi tabrakan.
Berikut adalah video berisi tutorial untuk melakukan hal-hal yang disebutkan diatas.
Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah perbandingan antara Unity dan Scratch untuk hal yang berhubungan dengan script di atas.
Ulangi Terus Menerus (Forever Loop)
Pada ScratchPada Unity
Angka Random
Pada Scratch
Pada Unity
Cek Tabrakan
Pada ScratchPada Unity
OnCollisionEnter2D adalah fungsi yang dikerjakan oleh Unity jika Sprite menabrak sesuatu. Parameter collision adalah parameter yang berisi Sprite lain yang ditabrak. Dalam fungsi ini kita dapat mengecek nama sprite untuk mengetahui Sprite mana yang ditabrak.
Tugas - 1
Buatlah program Unity dimana ada musuh baru yang muncul dari tepi atas layar setiap 0.5 sampai 1.5, bergerak kebawah, dan akhirnya hilang setelah menyentuh tepi bawah layar. Jika musuh baru ini terkenal Sprite Bola maka musuh hilang. Berikut adalah video hasil program yang sudah jadi.
Tugas - 2
Perbaharui program pada tugas-1 sehingga Sprite Kucing hilang jika menabrak musuh yang bergerak ke bawah ataupun musuh yang bergerak ke kanan.
Petunjuk: Saat kita menambahkan komponen Rigidbody 2D dan Box Collider 2D kepada Sprite Kucing hal yang tidak diinginkan terjadi. Saat menembak akan terjadi tabrakan antara Sprite Kucing dan Sprite Bola (Bullet) sehingga posisi Sprite Kucing akan bergeser secara tidak diinginkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, saat menembak, posisi awal Sprite Bola harus digeser ke posisi tepat di atas Sprite Kucing sehingga tabrakan tidak terjadi. Untuk melakukan hal itu, lihat petunjuk gambar berikut.
Petunjuk: Saat kita menambahkan komponen Rigidbody 2D dan Box Collider 2D kepada Sprite Kucing hal yang tidak diinginkan terjadi. Saat menembak akan terjadi tabrakan antara Sprite Kucing dan Sprite Bola (Bullet) sehingga posisi Sprite Kucing akan bergeser secara tidak diinginkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, saat menembak, posisi awal Sprite Bola harus digeser ke posisi tepat di atas Sprite Kucing sehingga tabrakan tidak terjadi. Untuk melakukan hal itu, lihat petunjuk gambar berikut.
Tugas - 3
Perbaharui program pada tugas-2 sehingga musuh yang bergerak ke kanan dapat menembakkan peluru. Peluru musuh tersebut bergerak ke bawah dan ditembakkan setiap antara 1 sampai 2 detik. Jika peluru musuh menyentuh tepi bawah layar maka peluru tersebut hilang. Jika Sprite kucing terkena peluru musuh maka Sprite Kucing harus menghilang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar