Senin, 20 Februari 2017

Sprite Bergerak

Pada Scatch script untuk memposisikan Sprite pada posisi X=0 dan Y = 0 pada saat program di mulai dan kemudian menggerakkan Sprite ke kanan secara terus menerus adalah sebagai berikut:


Hal yang sama dapat dilakukan pada Unity dengan script sebagai berikut:


Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah perbandingan antara perintah gerak pada Scratch dan perintah gerak pada Unity.

Pindah Ke Posisi Tertentu

Pada Scratch:


artinya pergi ke posisi X=10 dan Y=20.


Pada Unity:
artinya pergi ke posisi X = 0,1 dan Y = 0,2.

Perhatikan penulisan desimal pada Unity. Bilangan 0,1 harus ditulis sebagai 0.1f dan bilangan 0,2 ditulis sebagai 0.2f

Untuk bilangan bulat seperti 0 tidak perlu ada simbol f dibelakangnya.


Gerak Ke Kanan

Pada Scratch


artinya ubah posisi X sebesar 10 point.


Pada Unity
artinya ubah posisi X sebesar 0,1 point.

Perhatikan di Unity bahwa angka 0,1 point dipilih dan bukan angka 10 karena jika angka 10 yang dipilih gerakan Sprite akan terlalu cepat dan Sprite akan langsung hilang dari layar.

Gerak Ke Kiri

Pada Scratch


Pada Unity


Gerak Ke Atas

Pada Scratch


Pada Unity



Gerak Ke Bawah

Pada Scratch


Pada Unity





Tidak ada komentar:

Posting Komentar