Minggu, 12 Maret 2017

Animasi

Kali ini kita akan menambahkan fitur animasi untuk game kita. Jika kita memencet tombol right arrow maka animasi kucing berjalan ke kanan akan dilakukan. Jika kita memencet tombol left arrow maka animasi kucing berjalan ke kiri akan dilakukan.

Berikut adalah gambar-gambar yang dibutuhkan untuk animasi berjalan.



Pada gambar diatas, costume 1 dan 2 adalah untuk animasi berjalan ke kanan sedangkan costume 3 dan 4 adalah untuk animasi berjalan ke kiri.

Berikut script pada scratch untuk menambahkan fiture animasi berjalan ke kanan dan ke kiri.


Pada script di atas kita menggunakan variabel baru bernama AnimationId. Jika variabel AnimationId berisi angka 0 maka animasi jalan kanan yang berjalan. Jika variabel AnimationId berisi angka 1 maka animasi jalan kiri yang berjalan. Pada saat tombol right arrow di tekan makan variabel AnimationId diisi dengan angka 0 sedangkan jika tombol left arrow yang ditekan maka variabel AnimationId diisi dengan angka 1.


Pada Unity hal yang serupa akan kita lakukan.

Berikut adalah modifikasi dari fungsi Update dari Script untuk Sprite Kucing


Seperti pada Scratch, saat tombol RightArrow ditekan, variabel animasi bernama AnimationId diisi dengan angka 0. Ini akan menyebabkan animasi bernama AnimWalkRight (kucing jalan ke kanan) akan dijalankan. Saat tombol Left Arrow ditekan,  variabel AnimationId diisi dengan angka 1. Ini akan menyebabkan animasi bernama AnimWalkLeft (kucing jalan ke kiri) akan di kerjakan.

Berikut adalah penampakan variabel animasi AnimationId dan animasi AnimWalkRight dan animasi AnimWalkLeft pada user interface Animation di Unity.



Tanda panah dari AnyState menuju AnimWalkRight dinamakan State Transition yang artinya  Unity dapat menjalankan animasi AnimWalkRight saat Unity sedang sibuk menjalankan animasi apapun jika kondisi transisi tersebut memenuhi syarat. Dalam hal ini jika AnimationId berisi angka 0 maka kondisi memenuhi syarat dan AnimWalkRight akan segera dijalankan oleh Unity.  Hal yang serupa berlaku pula untuk   tanda panah dari AnyState menuju AnimWalkLeft.

Berikut adalah setting dari State Transition dari AnyState menuju AnimWalkRight.



Video berikut adalah tutorial bagaimana membuat animasi pada Unity (AnimWalkLeft, AnimWalkRight, AnimationId, dan State Transition) dan menggunakannya bersama script kucing yang ada di atas.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar