Kamis, 09 Maret 2017

Kontrol Dengan Touch

Kali ini kita akan menambah fitur baru yang hanya berlaku untuk Unity yaitu mengontrol Sprite Kucing dengan menggunakan touch screen. Ini diperlukan karena HP dan Tablet android kebanyakan tidak memiliki keyboard oleh karena itu Sprite Kucing hanya bisa dikontrol dengan menggunakan touch screen.  Dalam fitur ini terdapat tiga tombol baru di layar.

  • Tombol Left : jika ditekan Sprite Kucing bergerak ke kiri.
  • Tombol Right : jika ditekan Sprite Kucing bergerak ke kanan.
  • Tombol Shoot: jika ditekan Sprite Bola akan ditembakkan oleh Sprite Kucing.
Berikut adalah penampakan game yang sudah jadi.



Script untuk Sprite Kucing:


Pada script di atas kita menambahkan 3 variable baru.

  • Variabel MoveLeft. Jika berisi angka 1 maka sprite kucing bergerak ke kiri. Variabel ini diisi angka 1 ketika fungsi MoveLeftButtonDown dikerjakan dan diisi angka 0 ketika MoveLeftButtonUp dikerjakan.  
  • Variabel MoveRight. Jika berisi angka 1 maka sprite kucing bergerak ke kanan. Variabel ini diisi angka 1 ketika fungsi MoveRightButtonDown dikerjakan dan diisi angka 0 ketika MoveRightButtonUp dikerjakan. 
  • Variabel Shoot. Jika berisi angka 1 maka sprite kucing akan menembak. Variabel ini diisi angka 1 ketika fungsi ShootButtonDown dikerjakan dan diisi angka 0 ketika ShootButtonUp dikerjakan. 
Perhatikan pada script diatas, pada perintah if di fungsi update kita menemukan symbol ||. Symbol tersebut berarti atau. Dengan demikian jika tombol Right Arrow atau variabel MoveRight berisi angka 1 maka gerakkan sprite kucing ke kanan.

Sebelum dijalankan kita harus membuat terlebih dahulu Button UI untuk tombol Left, Right, dan Shoot seperti pada gambar berikut.



Video berikut berisi tutorial bagaimana membuat Button UI untuk tombol Left, Right, dan Shoot dan bagaimana menghubungkan tombol tersebut dengan script dari Sprite Kucing.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar