Script Untuk Sprite Enemy (Musuh):
Script untuk Sprite Game Manager:
Pada script di atas, Sprite Enemy akan mengirim message "EnemyHit" pada Sprite Game Manager jika dia terkena Sprite Bola (peluru). Saat menerima message "Enemy Hit", Sprite Game Manager akan menambahkan score dengan angka 10.
Pada Unity, kita akan melakukan hal yang sama. Text berisi nilai Score akan tampak seperti gambar berikut.
Script untuk sprite Enemy:
Script untuk GameManager:
Seperti halnya pada Scratch, pada Unity, sprite Enemy juga akan mengirim message "EnemyHit" kepada GameManager. Saat menerima message tersebut, fungsi yang namanya sama dengan nama message yaitu "EnemyHit" akan dikerjakan oleh GameManager. Dalam fungsi tersebut variabel score akan ditambah dengan angka 10 dan juga Text UI akan di perbaharui dengan nilai score terakhir. Text UI (User Interface) adalah object pada Unity untuk menampilkan tulisan di layar. Karena kita akan menggunakan Text UI, jangan lupa untuk menuliskan perintah using UnityEngine.UI; di bagian atas script.
Sebelum program Unity di jalankan terlebih dahulu kita harus membuat Text UI untuk tulisan score seperti pada gambar berikut.
Berikut adalah video berisi tutorial bagaimana membuat Text UI untuk nilai score.
Gambar berikut menjelaskan secara lebih detail cara kerja perintah untuk menuliskan tulisan berupa score pada ScoreText UI.
Tugas 4
Perbaharui program sehingga nilai score bertambah 5 jika musuh baru yang bergerak dari atas ke bawah (lihat tugas-3) terkena oleh Sprite Bola.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar