Script untuk Game Manager:
Pada script di atas kita membuat variable baru bernama TimeLeft. Di block CountDown, variabel ini diisi angka 20 kemudian dikurangan 1 setiap detiknya. Jika variable TimeLeft ini telah sama dengan 0 maka game selesai dan perintah stop all dikerjakan. Perintah stop all adalah perintah untuk menghentikan semua script untuk semua Sprite yang ada di program scratch dengan demikian Sprite kucing tidak dapat bergerak dan pembuatan Enemy dihentikan.
Di Unity, kita akan melakukan hal berikut:
- Seperti pada Scratch, game akan selesai setelah hitung mundur yang dimulai dari 20 mencapai angka 0. Saat game selesai, tidak boleh ada Sprite yang bisa bergerak dan pembuatan Sprite Enemy juga harus dihentikan.
- Saat game selesai kita munculkan tombol Play (Play Button). Jika tombol ini ditekan maka game akan dimulai lagi dari awal. Hal ini perlu dilakukan karena pada Hp atau Tablet Android, tidak ada tombol Start Game seperti yang telah disediakan oleh program Scratch (tombol bendera berwarna hijau). Tombol Play ini akan hilang saat game dimulai.
Berikut penampakan saat game selesai di Unity.
Script untuk Game Manager:
Pada script di atas kita membuat variable baru yaitu TimeLeft. Variabel ini diisi angka 20 pada saat game dimulai (pada fungsi Start). Kemudian pada fungsi CountDown, variabel TimeLeft dikurangi satu setiap selang waktu 1 detik. Jika TimeLeft berisi angka 0 maka kita lakukan hal-hal berikut untuk menyelesaikan game:
- Kerjakan fungsi StopAllCoroutines(). Hal ini akan menyebabkan semua Coroutine yang ada pada script ini dihentikan. Coroutine yang ada pada script ini yaitu CreateEnemies dan CountDown dengan demikian pembuatan musuh akan dihentikan begitu juga proses hitung mundur juga dihentikan.
- Isi Variable GameOver dengan angka 1. Variabel ini akan digunakan oleh script yang lain untuk mengecek apakah Sprite boleh bergerak atau tidak. Jika berisi angka 0 maka Sprite boleh bergerak (tidak game over), sedangkan jika tidak (GameOver berisi angka 1) maka Sprite tidak boleh bergerak.
- Tampilkan tombol Play (variabel PlayButton) dengan menggunakan perinta SetActive(true). Pada saat game dimulai yaitu pada fungsi Start, tombol Play disembunyikan dengan menggunakan perintah SetActive(false). Tombol Play ini harus dihubungkan dengan Play Button UI dengan cara seperti yang diterangkan pada video tutorial di akhir artikel ini.
Script untuk Sprite Kucing:
Pada script diatas sprite Kucing hanya dapat bergerak dan menembak jika GameOver berisi angka 0 (tidak Game Over).
Script untuk sprite Enemy:
Pada script diatas sprite Enemy hanya dapat bergerak jika GameOver berisi angka 0 (tidak Game Over).
Pada script diatas sprite Bola hanya dapat bergerak jika GameOver berisi angka 0 (tidak Game Over).
Sebelum game dijalankan terlebih dulu kita harus membuat Text UI untuk Time Left yang akan berisi tulisan hitungan mundur dan juga Button UI untuk tombol Play. Berikut adalah penampakan dari Text UI dan Button UI yang harus dibuat.
Video berikut berisi tutorial mengenai bagaimana membuat Text UI untuk hitungan mundur dan juga membuat tomboll play yang akan digunakan bersama script di atas.
Tugas-6
Perbaharui script game sehingga jika sprite Kucing terkena tembakan atau terkena musuh, game juga selesai (game over). Saat game selesai tidak boleh ada sprite baru yang dibuat dan sprite yang ada yang masih bergerak, semua harus berhenti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar